Floridina Jeli Melihat Tren
Minuman rasa jeruk dari bulir asli,
Floridina adalah penguasa pasarnya. Sejak lahir 2011, minuman produksi PT Wings
Food ini tumbuh pesat dengan target pasar anak muda dan yang beranjak dewasa.
Belakangan, mereka juga merambah pasar keluarga.
“Dengan BCL (Bunga Citra Lestari) dan
konsep iklan yang lebih premium, kami mendapat ekstra customer. Caranya dengan
membuat rute komunikasinya secara berkesinambungan dalam brand story,” kata
Aristo Kristandyo, Group Head Marketing Beverages PT Wings Food.
Menurut dia, misi membuat dan menambah
besar ukuran customer juga memiliki konsekuensi tersendiri. Dengan semakin
besar pasar, distribusi juga harus diperkuat agar konsumen mudah mendapatkan
produk favoritnya.
“Karakteristik konsumen yang masuk
modern market, 40% membeli makanan dan minuman. Loyalitasnya hampir tidak ada.
Jadi, ketersediaan merupakan hal yang paling krusial. Kalau mereka lihat,
mereka akan ingat iklan TV dan slogan yang kami buat,” kata dia.
Untuk branding, lanjut dia, tak bisa jauh
dari anak muda usia 18-24 tahun. Golongan tersebut lebih suka yang bercerita,
konten, dan storytelling. Oleh karenanya, Floridina digagas tidak hanya untuk
kanal tradisonal, tetapi juga modern. Contohnya, kampanye Floridina Original
Games.
“Ini upaya kami membuat pendekatan
dengan konsumen dalam bentuk web series. Sekarang, sudah masuk episode ke-13.
Pemilihan media channel inilah yang kami pertimbangkan,” katanya.
Untuk memperbesar merek, menurut Aristo,
kuncinya adalah jeli melihat tren. Saat banyak merek menciptakan konten yang
menarik, gamification adalah kuncinya. Konsumen harus merasa terlibat agar
terjadi konversi aktivitas hingga mereka melakukan pembelian.
“Tak hanya postingan yang menarik,
kemudian gamification seperti lomba menulis, dapat hadiah, foto, dapat hadiah.
Sekarang, masuk web series. Kami harus cepat bertindak agar tidak hanya jadi
follower,” katanya.
Untuk itulah, Wings Food memiliki tim
yang solid untuk menjaga hubungan baik dengan komunitas, termasuk media.
Setidaknya, hubungan yang solid mampu memunculkan ide segar untuk membaut
konten baru yang menarik.
“Untuk lebih engage dengan komunitas,
bisa dalam bentuk program CSR, pelatihan digital, workshop, dan lainnnya,” ujar
dia.
Dari data Nielsen, Floridina saat ini menjadi market leader dengan
penguasaan pasar 35% di kategori jus. Disusul, Minute Maid. Pertumbuhan pasar
Floridina saat ini rata-rata 14%, jauh di atas pasar. (Rizky C. Septania)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar